26
Sep

Tips & Persiapan Cara Belajar Menghadapi USBN/Ujian Nasional Untuk Siswa dan Anak SD/MI 2020

Untuk kalian atau anda yang mempunyai anak yang saat ini masih duduk di sekolah dasar (SD) dan Madrasah Islamiah (MI) tentunya sebentar lagi akan memasuki fase ini, dimana fase inilah yang akan menentukan kalian bisa masuk SMP Negeri favorit sesuai keinginan kalian atau tidak.

Dalam tulisan ini, Tentor mencoba untuk berbagi mengenai apa dan bagaimana sih cara persiapannya. Sehingga kalian bisa tau dan paham mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dan hasilnya bisa sesuai dengan harapan. Tanpa banyak basa basi lagi, silahkan simak pemaparan dibawah ini.

Tips yang pertama adalah perhatikan setiap mata pelajaran yang diberikan di kelas atau sekolah, karena untuk SD/MI biasanya pelajaran yang diajarkan guru di sekolah tidak terlalu jauh bahasannya dengan apa yang diujiankan. Selain memperhatikan pelajaran harian di sekolah, biasanya di SD/MI suka diadakan pemantapan dalam rangka persiapan USBN ini. Jadi jangan kalian jangan sampai melewatkan sesi pemantapan ini, karena materi-materi ujian nanti biasanya tidak jauh dari apa yang kalian terima di sekolah.

Yang kedua, bisa mengikuti Bimbel (Bimbingan Belajar) contoh : Tempat Bimbel Tentor. Di Tempat Bimbel Tentor kalian bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kalian untuk semua pelajaran, dengan demikian kalian bisa mengasah apa yang sudah menjadi kelebihan kalian sekaligus memperdalam apa yang menjadi kekurangan kalian. Dengan demikian kalian bisa memfokuskan diri di pelajaran tersebut, karena pengajar di tempat bimbel Tentor akan sangat paham memperlakukan siswanya supaya bisa lebih maksimal lagi dalam tiap pelajaran.

Tips ketiga, mengakrabkan diri dengan soal-soal latihan. Dengan membiasakan diri melatih dalam mengerjakan soal maka kalian akan sangat mungkin menjadi terbiasa dalam mengerjakan dan mencari solusi jawaban untuk setiap soal yang nanti akan keluar di ujian.

Demikianlah tips yang mungkin akan sangat berguna buat kalian siswa anak SD/MI yang akan menghadapi USBN, inti dari semua tips diatas adalah semua butuh usaha dan perjuangan. Hasil tidak akan mengkhianati usaha, setiap pencapaian pasti memerlukan usaha dan perjuangan. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan minta doa restu kepada kedua orang tua.