17
Sep

MENGUPAS TUNTAS UTBK 2020

Halo sobat tentor! Katanya ada pepatah tak kenal maka tak sayang, jadi biar kita bisa sayang-sayangan, kenalan yuk! Eh maksudnya sama UTBK hehe.

Nah sob, kali ini mintor mau kasih tau kalian tentang perbedaan SBMPTN atau kalau sekarang kalian lebih kenal denan UTBK nih. Apa aja sih perbedaannya? Terus apa aja hal-hal yang perlu kalian persiapkan, yuk simak penjelasan di bawah ini!

UTBK

Jadi sob, UTBK sendiri artinya adalah ujian berbasis komputer yang dilaksanakan beberapa kali dalam setahun yang nilainya bisa digunakan untuk seleksi masuk PTN. Ujian ini sama seperti SBMPTN namun sistemnya saja yang berbeda. Kalau dulu SBMPTN itu adalah nama ujiannya, kali ini SBMPTN itu adalah nama mendaftarnya sob. Jalur masuk ini sama-sama sah seperti jalur masuk Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh kampus.

Keuntungan yang diperoleh dari UTBK ini, sobat boleh mengikuti tes maksimal 2 kali. Dan nilai yang diambil adalah nilai tertinggi. Wah, enak banget kan sob?

PERBEDAAN UTBK DENGAN SBMPTN

NoItemSBMPTNUTBK
1Daya TampungMinimal 30%Minimal 40 %
2Basis UjianBerbasis kertas, komputer dan HP androidBerbasis Komputer
3Jenis UjianTPKA
TKD Saintek/Soshum
TPS
TKA
4Ujian CampuranBolehTidak Boleh
5Alur PelaksanaanDaftar > Ujian > Penentuan kelulusanDaftar > Ujian > UTBK > Mendapatkan Nilai > Daftar SBMPTN > Penentuan Kelulusan
6Jumlah UjianSekali di satu waktuDilaksanakan beberapa kali, satu orang maksimal bisa mengambil 2 kali ujian
7Ujian KeterampilanUjian keterampilan bagi yang mengambil kelompok jurusan seni atau olah ragaseleksai portofolio bagi yang mengambil kelompok jurusan seni atau olah raga

PERSYARATAN UTBK

  • Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2020 atau peserta didik paker C tahun 2020
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2019 dan 2018
  • Membayar biaya UTBK sebesar RP200.000 untuk 1 kali tes

ALUR KEGIATAN UTBK

  1. Daftar
  2. Isi biodata, jenis, sesi, dan lokasi ujian
  3. Membayar biaya pendaftaran
  4. Cetak kartu peserta
  5. Mengikuti UTBK
  6. Mendapatkan nilai UTBK

MATERI UJIAN UTBK

  • TPS (Tes Potensi Akademik)
  • TKA (Tes Kompetensi Akademik)

Ujian TKA sendiri dibagi lagi sob, yaitu:

  1. TKA Saintek: Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi
  2. TKA Soshum: Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi

Materi TKA yang diujikan juga berupa soal-soal tipe HOTS (High Order Thinking Skills) yaitu soal-soal yang menguji daya analisis, evaluasi serta kreasi. Soal-soal jenis ini membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jadi udah bakalan jarang tuh sob, soal-soal hafalan di UTBK nanti.

Gimana nih sama pemaparannya sob? Kalau masih ada yang kurang jelas, jangan lupa konsultasikan dengan bagian tentor ahli masing-masing ya!