14
Sep

KATA MEREKA: PERAIH BEASISWA LPDP PART 1

Komara Suhendar, Lulusan Australian National University (ANU), Master of Linguistics

Apa kabar sobat tentor? Masih semangat ga nih buat cari peluang beasiswa? Sudah sampai mana konsultasinya? Kali ini mintor akan bahas tentang peraih beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), yaitu salah satu program pemerintah dalam mengelola dana beasiswa bergengsi untuk penempatan Luar Negeri dan Dalam Negeri sob!

Apa kata Kak Komara Suhendar? Kita simak yuk!

Menurutnya, hal yang paling sulit untuk mempersiapkan beasiswa ini adalah belajar bahasa inggris. Karena syarat untuk mendapatkan beasiswa LPDP adalah memiliki nilai IELTS yang tinggi sobat. Solusi yang dipaparkan sama Kak Suhendar adalah ikut les atau program preparation.

Kak Suhendar juga punya tips khusus nih buat yang ingin ikut beasiswa, katanya biar kita istiqomah dalam meraih beasiswa ini hal-hal pentingnya adalah:

  • Belajar dengan sungguh-sungguh
  • Tempel cita-cita kamu di tembok kamar, supaya setiap hari minimal sebelum tidur bisa liat dan semangat kejar beasiswa
  • Jadiin logo kampus tujuan sebagai wallpaper hp/laptop
  • Sering-sering baca pengalaman peraih beasiswa untuk dijadikan motivasi
  • Jangan lupa untuk konsultasi dengan guru, mentor, atau kakak alumni

Menurut Kak Suhendar, ketika kita dihadapkan dengan ujian-ujian tes masuk perguruan tinggi, kita harus coba semuanya sobat. Karena kita tidak tau peluang atau rezeki kita ada di mana. Baik SNMPTN, UTBK, Ujian Mandiri, beasiswa, semuanya tidak ada yang harus didahulukan atau di kesampingkan. Pokoknya, sekecil apapun peluang, kita harus bisa raih hal itu!

Terakhir, ada tips supaya kita harus bisa mencintai proses sobar! Kenapa? Karena kuliah di Australia itu gampang-gampang susah! Kak Suhendar sendiri katanya kewalahan dengan murid-murid di Australia yang rajin luar biasa! Buktinya, perpustakaan Australia itu jam 12 malam masih ramai loh sob! Waah, keren sekali ya!

Bagaimana nih sobat? Ada yang mau mengikuti jejak Kak Shendar untuk meraih beasiswa LPDP? Next, tunggu part selanjutnya ya sob!