Wacana SNMPTN Dihapuskan
23
Aug

Wacana SNMPTN 2020 Dihapuskan

Sobat Tentor, sudah dengar mengenai kebijakan SNMPTN pada tahun 2020 akan dihapuskan atau dihilangkan? Kalau sudah, bagaimana reaksi kalian? Terutama sobat tentor yang kini duduk di bangku kelas 12 dan tahun 2020 akan melanjutkan kuliah yang tentunya tidak akan melewatkan proses SNMPTN, kebijakan tersebut pasti menuai pro-kontra terutama di kalangan pelajar sekolah. Sebenarnya kebijakan SNMPTN akan dihapuskan sudah samar terdengar sejak tahun 2018, namun karena satu dan banyak hal kebijakan menghapuskan SNMPTN tidak kunjung terlaksana.

Menurut info yang sudah tersebar, Mendikbud dan Menresdikti sudah melakukan pertemuan mengenai kebijakan dihaapuskannya SNMPTN namun keduanya masih sangat mempertimbangkan hal tersebut, karena rencana zonasi untuk masuk kampus akan dilaksanakan di tahun 2020

Berikut kami sudah merangkum kelebihdan SNMPTN simak yuk sobat tentor.

Kelebihan :

  1. Terbebas dari ujian tulis dengan persaingan yang jauh lebih ketat

Jika kamu lulus lewat jalur SNMPTN, kamu akan terbebas dari ujian tulis seperti SBMPTN yang tentunya akan membuat kamu belajar lebih ekstra lagi. Waktumu akan lebih intensif lagi digunakan untuk latihan soal. Tenaga kamu harus selalu fit agar tidak drop saat tes, persaingan yang lebih ketat, dan bahkan akan mengeluarkan dana lebih misalnya untuk masuk bimbel persiapan masuk kampus.

2. Mempersiapkan kuliah lebih awal lagi

Karena biasanya waktu SNMPTN lebih awal dari waktu ujian masuk ke universitas lainnya, sehingga membuat kamu akan jauh lebih santai daripada teman-teman kamu yang mungkin mengikuti SBMPTN atau Ujian Mandiri. Kamu memiliki jarak waktu lebih banyak sebelum kamu masuk kampus.

3. Masa depanmu berada satu tahap lebih terarah

Maksud disini, kamu sudah dapat sedikit lega sebab telah memiliki kampus yang sudah kamu pegang ketika dinyatakan lulus SNMPTN. Kamu sudah selangkah lebih awas dengan cita-citamu. Pun jika kamu lulus di jurusan yang bukan menjadi prioritasmu, tetap saja setidaknya kamu sudah berada di posisi yang terbilang cukup aman dibandingkan dengan rekanmu yang belum seberuntung dirimu. Oleh sebab itu, bersyukurlah. Kamu juga selayaknya bijaksana dalam memilih jurusan dan universitas ketika mendaftar SNMPTN. Sesuaikan dengan minat, bakat, dan capaian akademikmu juga ya.