Jurusan Favorit Ujian Saintek SBMPTN 2020
22
Aug

Persiapan SBMPTN 2020 : 10 Jurusan/Program Studi Favorit di Perguruan Tinggi Negeri Kategori Ujian Saintek

Buat kamu sobat Tentor yang saat ini ada di SMA kelas 12 dan sedang dalam rangka berjuang untuk bertarung melanjutkan ke perguruan tinggi negeri favorit, Tentor punya info bagus buat kamu yang ingin tau jurusan apa saja yang menjadi favorit calon mahasiswa peserta UTBK SBMPTN.

Dengan kamu tau informasi ini, maka kamu bisa mengukur kemampuan kamu bahwa untuk memilih salah satu jurusan dibawah ini untuk kategori ujian Saintek sehingga kamu bisa memiliki target berapa score minimal untuk supaya lolos, dan jika kamu merasa bahwa perjuangannya akan sangat berat maka kamu bisa mulai mengatur strategi untuk memilih jurusan lain yang kompetisinya sedikit ringan dan tetap sesuai dengan passion kamu tentunya.

Oke tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah 10 (sepuluh) jurusan perguruan tinggi negeri favorit yang banyak peminatnya :

  1. Pendidikan Dokter
  2. Ilmu Gizi
  3. Statistika
  4. Pendidikan Dokter Gigi
  5. Arsitektur
  6. Farmasi
  7. Teknik Sipil
  8. Matematika
  9. Biologi
  10. Kesehatan Masyarakat

Sementara menurut Harian Kompas, untuk SMBPTN 2019 ada 5 Jurusan/program studi yang terfavorit di bidang saintek. Ke – 5 Jurusan tersebut adalah :

  1. Teknik informatika, Menurut data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), Prodi Teknik Informatika Universitas Padjadjaran menjadi prodi paling ketat untuk kelompok Saintek pada SNMPTN 2019.
  2. Farmasi, Pada SNMPTN 2019, Prodi Farmasi Universitas Jenderal Soedirman menjadi paling ketat dengan persentase peserta diterima yaitu 1,77 persen.
  3. Kedokteran, Jika dilihat dari SNMPTN 2019, Pendidikan Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman menempati posisi teratas yang paling ketat persaingannya dengan 1,80 persen peserta diterima.
  4. Psikologi, Pada SNMPTN 2019, Psikologi Universitas Padjajaran menjadi prodi paling ketat persaingan dengan hasil 1,83 persen peserta diterima.
  5. Ilmu gizi, Prodi Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman menjadi yang paling ketat persaingannya dalam SNMPTN 2019 yaitu 1,86 persen peserta diterima.