Lintas Jurusan Saat Kuliah? Yes or No?
20
Aug

Lintas Jurusan Saat Kuliah? Yes or No?

Foto: Ilustrasi Bingung Memilih Jurusan.

Sobat tentor! pernahkah terpikirkan untuk lintas jurusan. Semisal “aku anak Saintek, tapi kuliah ingin jurusan Ilmu Komunikasi / aku anak Soshum, tapi kuliah ingin jurusan Teknik. Pasti diantara kalian banyak yang pernah merasakan hal tersebut kan? Jangan gundah ataupun resah, kalian bisa memikirkan semuanya matang-matang sebelum kalian melangkah untuk memutuskan jurusan kuliah apa yang kalian pilih dan kehedaki. Keresahan seperti hal di atas memang suatu hal yang berat untuk kalian, namun seiring dengan berjalannya waktu semua pasti teratasi.

Semua Kembali Ke Diri Kalian

Mau itu Saintek ataupun Soshum, semua kembali lagi ke dalam diri kalian masing-masing. Sampai mana atau sebesar apa potensi diri kalian untuk memutuskan kalian akan memilih kuliah di jurusan Saintek atau Soshum. Semua akan berjalan lancar dan mudah kalau kalian sudah mengenal sejauh mana potensi diri kalian. Tentunya kalian sendirilah yang mengenal diri kalian, jangan dengarkan apa kata orang lain.

Pilihlah Sesuai Kebutuhan

Kira-kira apakah yang kalian butuhkan, itulah yang harus kalian pilih. Tentunya jika kalian lintas jurusan akan membuang beberapa pelajaran yang telah kalian pelajari sebelumnya. Diutamakan untuk kalian yang ingin lintas jurusan, jalur masuk kuliah ke PTN yang kamu tempuh adalah melalui SBMPTN (UTBK) atau Seleksi Mandiri. Tidak semua PTN membuka kemungkinan untuk lintas jurusan.

Selalu Ada Rencana Lain yang Sudah Dipersiapkan

Tidak semua hal yang kalian rencanakan dengan matang bisa berjalan dengan mulus, tentunya jika kalian ingin lintas jurusan harus juga meyiapkan rencana lain atau Plan B agar rencana kalian masih bisa berjalan dengan baik. Bukan maksudnya pesimis, namun pepatah juga berkata lebih baik mencegah daripada mengobati. Semua rencana masih bisa berjalan sesuai keinginan bila menyiapkan rencana lain.