15
Aug

Ini dia peraturan dan tata tertib ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggu Negeri (SBMPTN) 2020

Hallo Sobat Tentor siswa kelas 12, bagaimana persiapan kamu dalam meraih mimpi masuk perguruan tinggi favorit nanti?. Perlu kamu ketahui pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN 2020) memang masih sekitar kurang lebih setahun kedepan, tapi waktu setahun itu tidak akan terasa lho mengingat aktifitas kamu saat ini yang juga sambil sekolah.

Buat yang masih belum paham apa itu SBMPTN 2020, SBMPTN 2020 merupakan gelaran seleksi bersama dalam cakupan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri dengan metode atau pola ujian tertulis yang diselenggarakan secara nasional dan serentak. Materi ujian SBMPTN 2020 dirancang untuk mengukur kemampuan umum calon mahasiswa di semua program studi. Kemampuan yang meliputi potensi dari segi akademik, penguasaan bidang studi dasar, hingga bidang saintek dan bidang sosial serta humaniora.

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan SBMPTN 2020, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui tata tertib dalam mengikuti SBMPTN 2020 dari sekarang. Karena mengikuti aturan sudah pasti merupakan syarat mutlak yang harus kamu taati, karena jika sampai kamu melanggar aturan maka bisa saja kamu didiskualifikasi. Bukan cuma aturan secara administrasi, aturan dalam cara berpakaian dan juga alat tulis yang boleh kamu gunakan juga perlu kamu tau dalam proses mengikuti SBMPTN 2020.

Oke tanpa panjang lebar, berikut ini adalah aturan dan tata tertib dalam mengikuti SBMPTN 2020 Nanti :

  1. Untuk menghindari lamanya waktu untuk mencari tempat ujian SBMPTN, maka kamu harus sudah mengetahui ruang ujian dan lokasi sehari sebelum ujian SBMPTN dilaksanakan.
  2. Kartu tanda peserta ujian SBMPTN harus kamu bawa.
  3. Kamu harus menggunakan pakaian yang berkerah (Cowok), dan menggunakan sepatu. Intinya harus berpakaian rapi, berkerah, dan mengenakan sepatu tertutup. Boleh menggunakan celana jeans asalkan tidak robek. Untuk peserta perempuan harus menggunakan rok yang sopan.
  4. Alat tulis terdiri dari Pensil hitam 2B, rautan pensil, penghapus, dan bolpoin hitam.
  5. Kamu tidak diperkenankan membawa daftar rumus, kalkulator, kertas, buku atau catatan lainnya. Dilarang menggunakan alat komunikasi seperti HP, jam tangan kalkulator dll. Barang-barang yang dilarang harus dimasukan kedalam tas dan disimpan di tempat yang aman.
  6. Disarankan untuk datang lebih awal, tidur atau istirahat yang cukup. Hal ini karena peserta SBMPTN 2020 harus tiba di lokasi ujian paling lambat 30 (tiga puluh) menit sebelum ujian dimulai. Jika telat, kamu akan didiskualifikasi dan tidak diperkenankan mengikuti ujian SBMPTN 2020.

Mungkin itulah peraturan atau tata tertib mengikuti ujian SBMPTN 2020 yang harus kamu tau, dengan demikian pada pelaksanaannya nanti kamu sudah bisa langsung dalam mempersiapkan diri untuk fokus mengerjakan soal. Buat kamu yang ingin mempersiapkan diri lebih baik dari sisi materi yang akan diujiankan nanti, kamu harus mencoba Bimbel di Tentor. Karena di Tentor kamu akan mendapatkan banyak hal yang berhubungan dengan mekanisme dalam penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri.
Untuk yang belum kenal Tentor, Silahkan Follow IG Kami di @Tentor.Id atau subscribe channel Youtube kami : “Tentor Indonesia“.